KONTRIBUSI KEKUATAN TUNGKAI, KELINCAHAN DAN KOORDINASI MATA KAKI TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PERMAINAN SEPAKBOLA SISWA SMPN 4 GOWA

  • Achmad Karim STKIP YPUP Makassar
Keywords: kekuatan tungkai, kelincahan, koordinasi mata kaki, menggiring bola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kekuatan tungkai terhadap kemampuan menggiring bola siswa SMPN 4 Gowa, kontribusi kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola siswa SMPN 4 Gowa, kontribusi koordinasi mata kaki terhadap kemampuan menggiring bola siswa SMPN 4 Gowa dan kontribusi kekuatan tungkai, kelincahan dan koordinasi mata kaki secara bersama-sama terhadap kemampuan menggiring bola siswa SMPN 4 Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan tehnik regresi.Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui tes kekuatan tungkai, kelincahan, koordinasi mata kaki dan kemampuan menggiring bola siswa SMPN 4 Gowa. Setelah seluruh data penelitian terkumpul, maka untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, dan data disusun dan diolah melalui SPSS versi 21 taraf signifikan α = 0,05 (95%). Hasil yang didapatkan adalah kontribusi secara bersama-sama kekuatan tungkai, kelincahan dan koordinasi mata kaki dengan terhadap kemampuan menggiring bola siswa SMPN 4 Gowa.

References

Al-Hadiqie, Zidane Muhdhor. 2013. Menjadi Pemain Sepak Bola Profesional. ____: Kata Pena
Atmojo, Mulyono Byakto. 2015. Tes dan Pengukuran Pendidikan Jasmani/Olahraga. Surakarta: UNS Press.
Bagus Wiguna, Ida. 2017. Teori dan Aplikasi Latihan Kondisi Fisik. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Ginanjar, Ucu. 2018. Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Longpass Dalam Permainan Sepak Bola di Ekstrakurikuler MTS Yasti Cisaat Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pendidikan Jasmani UMMI ke 1.

Hidayat, Witono. 2017. Buku Pintar Sepak Bola. Jakarta: Anugrah.
Irfan Prasetya, Agusta. 2016. Kontribusi Kecepatan Lari Dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bolapada Peserta Ekstrakurikuler Sepak Boladi Sd Muhammadiyah I Alternatif Kota Magelang tahun 2016. Skripsi FIK Universitas Negeri Semarang.

Ismaryanti. 2018. Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: UNS Press.
Karim, Achmad. 2020. Meningkatkan Keterampilan Menendang Bola pada Permainan Sepakbola melalui Modifikasi Alat Bantu Bola Pelastik pada Murid Kelas V SD Inpres Panggentungan Utara Kabupaten Gowa. Jurnal Jendela Olahraga.

Luxbacher, Joseph A. 2012. Sepak Bola. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-05-31
How to Cite
Karim, A. (2020). KONTRIBUSI KEKUATAN TUNGKAI, KELINCAHAN DAN KOORDINASI MATA KAKI TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PERMAINAN SEPAKBOLA SISWA SMPN 4 GOWA. Exercise : Journal of Physical Education and Sport, 2(1), 11-20. https://doi.org/10.37289/exercise.v2i1.45
Section
Article