HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN REAKSI KAKI, KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN DENGAN KEMAMPUAN LARI 60 METER PADA SISWA SMAN I GOWA

  • Ariana Asri STKIP YPUP Makassar
Keywords: Kecepatan Reaksi; Kekuatan Tungkai: Keseimbangan; Kemapuan Lari 60 Meter.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kecepatan reaksi kaki, kekuatan tugnkai dan keseimbangan dengan kemampuan lari 60 meter. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan tiga variabel bebas yaitu kecepatan reaksi kaki, kekuatan tugnkai dan keseimbangan dengan satu variabel terikat yaitu kemampuan lari 60 meter. Populasi penelitan ini adalah siswa SMAN I Gowa Secara random sampling dipilih sampel sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefisien korelasi pada taraf signifikan 0,05, dengan menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS.

 Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Ada hubungan yang signifikan antara kecepatan reaksi kaki dengan kemampuan lari 60 meter siswa SMAN I Gowa  dengan nilai r sebesar 0,732 (2) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan tungkai dengan kemampuan lari 60 meter Siswa SMAN I Gowa  dengan nilai r sebesar 0,736  (3) Ada hubungan yang signifikan antara keseimbangan dengan kemampuan lari 60 meter siswa SMAN I Gowa dengan nilai r sebesar 0,713 (3) Ada hubungan yang signifikan antara kecepatan reaksi kaki, kekuatan tugnkai dan keseimbangan secara bersama-sama dengan kemampuan lari 60 meter siswa SMAN I Gowa  dengan nilai (R) sebesar 0,876  dan nilai Fhitung (F) sebesar 28,699.

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Djumidar, Mochamad A Widya, . 2004. Belajar Berlatih Gerak-Gerak Dasar Atletik Dalam Bermain. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Dyah, Sulistyani P. 2007. Mari Berolahraga Lari. Jakarta: CV satubuku
Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologi dalam coaching.Jakarta :P2LPTK Depdikbud.
Halim, Ichsan, Nur. 1991. Tes Pengukuran dan Penyusunan Alat Evaluasi Dalam Bidang Olahraga. Bahan Kuliah FPOK IKIP Ujung.
Ismaryanti. 2018. Tes Dan Pengukuran Olahraga. Surakarta. UNS Press.
Nala. 2011. Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar: Universitas Udayana
Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani Prinsip –Prinsip dan Penerapannya. Jakarta : Depdiknas Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Ditjen Olahrga.
Pasau,, M. Anwar. 2012. Pertumbuhan Dan Perkembangan FisiknPendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan. Makassar : Universitas Negeri Makassar.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sunaryo., Basuki. 1979. Atletik I. Depdikbud. Jakarta : Garuda Maju Cipta
Widiastuti. 2011. Tes dan pengukuran olahraga. Jakarta : Bumi Timur Jaya
Widiastuti, 2015. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Zafar, Dikdik Sidik. 2010. Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Published
2020-05-31
How to Cite
Asri, A. (2020). HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN REAKSI KAKI, KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN DENGAN KEMAMPUAN LARI 60 METER PADA SISWA SMAN I GOWA. Exercise : Journal of Physical Education and Sport, 2(1). https://doi.org/10.37289/exercise.v2i1.44
Section
Article