KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KECEPATAN REAKSI TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN FOREHAND DRIVE PADA PERMAINAN TENIS MEJA PTM YPUP MAKASSAR

  • suparman maman STKIP YPUP MAKASSAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kekuatan otot lengan dan kecepatan reaksi tangan terhadap kemampuan pukulan forehand drive pada permainan tenis meja PTM YPUP Makassar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Populasi adalah anggota PTM YPUP Makassar dengan jumlah sampel 30 orang yang di ambil secara random sampling. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji regresi sederhana dan uji regresi ganda dengan menggunakan fasilitas computer melalui program SPSS. Berdasarkan analisis data di peroleh hasil: 1). Ada kontribusi yang signifikan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan pukulan forehand drive pada permainan tenis meja PTM YPUP Makassar dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,547 (54,7%). 2) Ada kontribusi yang signifikan kecepatan reaksi tangan terhadap kemampuan pukulan forehand drive pada permainan tenis meja PTM YPUP Makassar dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,723 (72,3%). 3). Ada kontribusi yang signifikan secara bersama-sama kekuatan otot lengan dan kecepatan reaksi tangan terhadap kemampuan pukulan forehand drive pada permainan tenis meja PTM YPUP Makassar dengan koefisien diterminasi (R Square) sebesar 0,760 (76,0%).

References

Hodges, L. (2016). Tenis Meja Tingkat Pemula. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Ismaryati. (2018). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jawa Tengah: UNS Press.

Kertamanah, A. (2003). Teknik dan Taktik Dasar Permainan Tenis Meja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kertamanah, A. (2015). Teknik dan Taktik Permainan Tenis Meja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kadir. & Djaali, H. (2015). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian: Skripsi, Thesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Nurhasan. (2007). Penilaian Pembelajaran Penjas. Jakarta: Universitas Terbuka
Permatasari, D. (2017) Buku Pintar Tenis Meja. Jakarta Timur: Anugrah
Salim, A. (2007). Buku Pintar Tenis Meja. Bandung: Jembar

Simpson, P. (2012). Teknik Bermain Ping Pong. Bandung: CV Pionir Jaya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutarmin. (2007). Terampil Berolahraga Tenis Meja. Yogyakarta: Era Intermedia.

Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Widiastuti. (2017). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Rajagrafindo
Persada
Published
2020-05-31
How to Cite
maman, suparman. (2020). KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KECEPATAN REAKSI TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN FOREHAND DRIVE PADA PERMAINAN TENIS MEJA PTM YPUP MAKASSAR. Exercise : Journal of Physical Education and Sport, 2(1), 44-53. https://doi.org/10.37289/exercise.v2i1.42
Section
Article