PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PEMBELAJARAN MEDIA TEMBOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MAKASSAR

  • Suhardianto Universitas Megarezky
Keywords: Bola Voli, Media Tembok, Hasil Belajar Passing Bawah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan penerapan media tembok dalam upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, pada tiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini adalh kemampuan passing bawah sebagai data psikomotor dan nilai soal latihan sebagai nilai kognitif serta pengamatan sebagai nilai afektif.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar, sebanyak 29 siswa. dengan rincian siswa 13 siswa Laki-laki dan 16 siswa perempuan. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif data hasil belajar passing bawah menujukkan bahwa siswa yang tuntas pada siklus I adalah 13 orang denga persentase 45 % sedangkan jumlah siswa yang tuntas pada siklus II adalah 29 orang dengan persentase 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajan passing bawah melalui media tembok  dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli SMP Negeri 13 Makassar

References

Arikunto, Suharsimi.dkk.2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi

Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press

Awaluddin, A., & Nurhidayatullah, N. (2018). PENINGKATAN TEKNIK PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PROJECTED MOTION MEDIA PADA SISWA SMK KESEHATAN MEGA REZKY MAKASSAR. Jurnal Penjaskesrek STKIP Mega Rezky Makassar, 4(2), 158-170.

Beutel stahl, D. 2009. Belajar Bermain Bola voli. Alih Bahasa Oleh Tim Redaksi Pionir Jaya .Bandung: Pionir Jaya

Cholik N. dan Achad, A. 2016 Metode penelitian Cet. 15 Jakarta :Bumi Aksara.

Dinata, M. 2004 .Belajar Bola Voli. Jakarta Cerdas Jaya.

Fuad Ihsan. 2003. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hujair AH. Sanaky. (2011). Media Pembelajaran Pegangan Guru dan Dosen Yogyakarta: Kaukaba.

Kurniawan, Imam. 2005. Pembelajaran Pas Atas Menggunakan Sasaran Tembok Dan Berpasangan (Skripsi). Semarang. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang.(http://lib.unnes.ac.id/737/1/1288.pdf). Diunduh 15 Januari 2019.

Mahendra, Agus.(2007). Teori Belajar Mengajar Motorik Bandung: Universitas pendidikan Indonesia

Mansur Muslich,(2010) Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta :Bumi Askara.

Nuril Ahmadi, (2007), Panduan Olaraga Bola Voli. Surakarta: Era Pustaka

PP. PBVSI, 2011, Peraturan Permainan Bola Voli. Jakarta: PP. PBVSI.

Roji, 2006. Pendidikan Jasmani Olaraga Dan Kesehatan. Jakarta : Erlangga

Sejati, 2011. Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran. http://id.shvoong. com/social-sciences/education/2108420-manfaat-penggunaan-media pembelajaran Diunduh 16 Januari 2019.

Simanjuntak, Victor Gaperius.(2011). Analisis Sistem Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani. Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta., 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugandi, Achmad. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Suharno HP.(2007), Dasar-dasar Permainan Bola Volley.Kaliwangi: Yogyakarta. Blogspot.com. http://pembelajaran pendidikan.blogspot.com/2012/05/teknik-dasar-dalam-permainan-bola-voli.html?m=1) Diunduh 16 Januari 2019.

Suyono.2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan konsep Dasar. Surabaya : Rosda
Published
2019-09-29
How to Cite
Suhardianto. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PEMBELAJARAN MEDIA TEMBOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MAKASSAR. Exercise : Journal of Physical Education and Sport, 1(1), 25 - 33. https://doi.org/10.37289/exercise.v1i1.21
Section
Article